Bantu Pengrajin dan Simbol Upaya Pemulihan Ekonomi, Dekranasda Gelar Dekrashow di Ultah ke-42 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 12 Maret 2022

Bantu Pengrajin dan Simbol Upaya Pemulihan Ekonomi, Dekranasda Gelar Dekrashow di Ultah ke-42


BERITABANJARMASIN.COM - Peringati Hari Ulang Tahun ke 42, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin, gelar Dekrashow di Rumah Anno 1925, pada Jumat (11/03/22). 

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah mengatakan, HUT Dekranas yang jatuh pada tanggal 3 Maret itu, turut dimeriahkan para perngrahin serta UMKM di Banjarmasin 

"Jadi kami memperingati di tingkat kota Banjarmasin, selain ceremony, HUT dekranas kita ramaikan dengan mengadakan Dekrashow yang pertama," ucap Wasilah, Jumat, (11/03/22). 

Dijelaskannya, Dekrashow adalah event mini yang dibuat untuk memberi kesempatan kepada para desainer dari banua dan para pengrajin yang sudah terhimpun dalam mitra Dekranasda Kota Banjarmasin untuk menampilkan karyanya. 

Nantinya, Dekrashow ujar Wasilah bakal digelar beberapa kali kedepannya. Sehingga pada Dekrashow nanti pihaknya bisa sekalian menjaring calon-calon peserta untuk BSF (Banjarmasin Sasirangan Festival) ke-6 tahun 2022 di bulan Oktober mendatang. 

Yang menarik adalah, ketika  karya-karya yang sudah ditampilkan pada Dekrashow itu dilelang. Hasil dari lelang tersebut pun ternyata digunakan untuk pembinaan pengrajin. 

"Jadi ada serangkaian kegiatan pembinaan pengrajin. Dan harapan kami, bantuan dari para tokoh yang berkenan untuk membeli produk pengrajin tadi bisa bermanfaat dalam kita melakukan pembinaan dan pengembangan usaha kerajinan," ucapnya. 

Dekranasda Kota Banjarmasin juga akan mengelola Dekra Store dengan lebih profesional. Tentunya untuk membantu para pengrajin dalam hal promosi dan juga pemasaran. 

Yang mana hal itu dorongan dari Dekranas pusat adalah bagaimana Dekranasda Banjarmasin bisa membantu dan memastikan pengrajin bertahan, kemudian juga menuju kesejahteraan. 

"Oleh karena itu, inilah yang kita upayakan. Bantuan penjualan secara online, kemudian kesempatan-kesempatan pengrajin untuk mengikuti pameran. Minimal di lokal kita mengadakan Dekrashow," ujarnya 

"Ini adalah kesempatan untuk para pengrajin dan UKM pameran, dan sekaligus produknya kita bantu untuk dipromosikan" pungkasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dalam sambutan, berharap agar UMKM khususnya bidang pengrajin di Kota Banjarmasin lekas pulih akibat dampak dari pandemi Covid-19. 

"Kita juga laksanakan Reopening DK Store, yang mana sebagai sebuah upaya dari deklarasi Kota Banjarmasin untuk membangkitkan kembali kondisi ekonomi dengan bergandeng para pelaku UMKM khususnya para pengrajin, sehingga kita optimis insyaAllah mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir," harap Ibnu Sina. 

Ibnu pun optimis untuk bangkitnya ekonomi kota Banjarmasin dengan simbol dari kegiatan yang dilaksanakan pada ultah Dekranas di Banjarmasin tersebut. 

"mudah-mudahan acara hari ini menjadi sebuah semangat baru," urainya. 

Terakhir, Ibnu Sina berpesan agar masyarakat bisa memanfaatkan DK Store dengan sebaik baiknya supaya dapat kembali membangun Kota Banjarmasin yang lebih baik dengan spirit kolaborasi pentahelix ABCGM pada poin kedua yakni bisnisman. 

"Yang ingin memanfaatkan DK Store ini untuk kepentingan dan untuk santai santai mau berbelanja disini dipersilahkan, sehingga kita bisa saling berkolaborasi untuk mewujudkan pembangunan Kota Banjarmasin yang lebih baik dengan spirit kolaborasi pentahelix," tutupnya. (Adv)


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner